KISI-KISI SOAL INFORMATIKA KELAS XI
A. Materi: BERFIKIR KOMPUTASI
Kompetensi: Memahami tahapan pengembangan perangkat lunak.
Materi: Pengertian SDLC, Tahapan SDLC, Testing & Maintenance.
Indikator Soal:
- Menyebutkan kepanjangan
- Mengidentifikasi tahap
awal
- Mengidentifikasi tahap
analisis kebutuhan.
- Menentukan tujuan tahap
testing.
- Menentukan tahap SDLC yang
perlu dilakukan saat terjadi error.
- Menjelaskan penyebab masalah jika stress test tidak dilakukan.
- Fungsi
strategi algoritmik.
- Tahap
setelah merancang algoritma.
- Menentukan
aspek validitas algoritma.
- Menyebutkan strategi algoritmik (kecuali).
- Tahun
diperkenalkannya backtracking.
- Struktur
yang digunakan pada backtracking.
- Aplikasi
game yang menggunakan backtracking.
- Fungsi
struktur data tree.
- Efek hash
table terlalu kecil.
B. Materi: Literasi Digital (Mesin
Pencari, Validasi Informasi, Keamanan Digital)
Kompetensi: Mengidentifikasi cara kerja mesin
pencari dan validasi informasi.
Materi: Mesin pencari, cek fakta, lateral reading, hak cipta, keamanan
digital.
Indikator Soal:
- Fungsi
mesin pencari.
- Contoh
mesin pencari.
- Tujuan
cek dan ricek.
- Penggunaan
marketplace.
- Fungsi
dompet digital.
- Reverse
image search.
- Pengertian
membaca lateral.
- Contoh
konten digital edukatif.
- Cara
mengecek keamanan situs perbankan.
- Ciri
berita palsu.
- Kesalahan
konteks informasi.
- Langkah
terbaik saat sumber tidak jelas.
- Pelanggaran
hak cipta.
- Menghindari
link penipuan.
- Alasan
keamanan 2FA.
C. Materi: Perangkat Keras &
Perancangan Sistem Komputer
Kompetensi: Menerapkan perakitan dan
perancangan sistem komputer.
Materi: RAM, CPU, GPU, motherboard, PSU, thermal paste, spesifikasi PC.
Indikator Soal:
- Fungsi
RAM.
- Urutan
pemasangan komponen motherboard.
- Pertimbangan
memilih laptop.
- Fungsi
PSU.
- Keseimbangan
CPU–GPU untuk gaming.
- Kompatibilitas
socket motherboard.
- Dampak
kesalahan pemasangan thermal paste.
- Alasan
memilih PSU dengan daya lebih besar.
- Urutan
perancangan PC Desktop.
- Alasan
GPU laptop sulit di-upgrade.
F. Bagian Uraian (Essay)
41. Strategi algoritmik
42. Struktur data Tree
43. Digitalisasi Perbankkan.
44. Keunggulan sebuah storage
45. Hal yang diperhatikan saat merakit Komputer
Komentar
Posting Komentar