Literasi Digital Kelas XI (Pemanfaatan Mesin Pencari dan Platform Digital)
LEMBAR TUGAS LITERASI DIGITAL
Topik:
Pemanfaatan Mesin Pencari dan Platform Digital
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu menggunakan mesin pencari untuk
melakukan riset informasi secara efektif, serta memahami cara memeriksa
kebenaran informasi digital sebelum dibagikan.
Petunjuk Tugas:
1.
Lakukan pencarian informasi tentang (Contoh) 'Dampak
penggunaan dompet digital di kalangan remaja' menggunakan 3 mesin pencari
berbeda (misalnya: Google, Microsoftedge, tiktok/instagram).
2.
Catat hasil pencarian yang Anda peroleh dari
masing-masing mesin pencari: Judul artikel, Sumber situs (URL), Tahun
publikasi, dan Isi ringkasan (3–4 kalimat).
3.
Lakukan pengecekan kebenaran informasi dengan
cara membandingkan isi dari tiga sumber dan periksa apakah sumber tersebut
berasal dari situs yang kredibel.
4.
Tuliskan refleksi pribadi (5–7 kalimat): Apa
manfaat menggunakan mesin pencari secara cerdas dan mengapa penting untuk
memverifikasi informasi sebelum membagikannya di platform digital?
5.
Kumpulkan hasil tugas dalam bentuk dokumen
(Word/PDF) dengan format: Nama dan kelas, Judul tugas, Tabel hasil pencarian,
Refleksi pribadi.
Tabel Hasil Pencarian:
Judul Artikel |
Sumber (URL) |
Tahun Publikasi |
Ringkasan (3–4 Kalimat) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi Pribadi:
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
Kriteria Penilaian (Rubrik):
Aspek |
Deskripsi |
Skor Maksimal |
Ketepatan penggunaan mesin pencari |
Menggunakan minimal 3 mesin pencari dengan hasil relevan |
25 |
Analisis dan perbandingan sumber |
Menunjukkan kemampuan membandingkan isi dari berbagai
sumber |
25 |
Verifikasi kebenaran informasi |
Menyertakan alasan logis dalam menilai keaslian informasi |
25 |
Refleksi pribadi |
Menunjukkan pemahaman dan sikap kritis terhadap literasi
digital |
25 |
Total Skor Maksimal: 100
Lembar Kerja Siswa
Komentar
Posting Komentar